Rabu, 19 Maret 2014

MANFAAT BATUBARA


MANFAAT BATUBARA

            Sampai saat ini batubara ditambang di berbagai belahan dunia karena merupakan sumber energi . Berbagai industri menggunakan batubara untuk kebutuhan energi mereka. Meskipun banyak kekhawatiran mengenai keselamatan para penambang dan efeknya pada lingkungan, pertambangan batubara terus tumbuh hingga hari ini. Berikut adalah berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh pertambangan batu bara :
1.    Pertambangan batubara menyediakan ketersediaan energi 
            Batubara dianggap sebagai salah satu dari banyak mineral yang melimpah di dunia. Karena kelimpahan, banyak negara dan / atau industri bergantung pada batubara untuk kebutuhan energi mereka. Batubara dapat ditemukan di berbagai bagian AS dan di negara lain membuatnya tersedia untuk dikonsumsi. Hal ini berbeda dengan ketersediaan sumber energi lain seperti minyak atau gas alam.
2.    Batubara menyediakan kemudahan penggunaan
            Ini adalah salah satu keuntungan terbesar batubara dibandingkan sumber energi lainnya. Setelah pertambangan batubara, hanya satu yang secara harfiah membakar  untuk dapat memanfaatkannya. Sumber energi lain harus diproses atau melalui beberapa tahapan persiapan dan perbaikan sebelum itu dapat berguna untuk orang. Minyak, misalnya perlu diproses dan disempurnakan sebelum dapat mencapai tujuannya. Dan karena batubara juga menyediakan kemudahan penyimpanan, dapat langsung digunakan ketika itu menjadi kebutuhan.
3.    Batubara menyediakan sumber energi yang murah
            Bila dibandingkan dengan sumber energi lainnya, batubara dianggap yang termurah. Itu sebabnya mengapa beberapa negara mengandalkan batubara meskipun ada beberapa efek terhadap lingkungan. Energi merupakan syarat utama dalam hampir di setiap negara karna apa pun yang muncul lebih murah selalu diharapkan. Penduduk bumi semakin besar dari hari ke hari dan dengan kelangkaan dan biaya sumber energi lainnya, banyak negara telah mendukung pertambangan batubara menjadi produsen energi utama mereka. Hal ini juga menyatakan bahwa seluruh industri produksi batubara lebih banyak membuat lapangan pekerjaan dari pertambangan hingga perdagangan dan distribusi. Semua ini akan menerjemahkan  manfaat dari batubara  tidak hanya untuk pengguna akhir maupun masyarakat tetapi juga untuk seluruh negeri.



                 Masyarakat modern membutuhkan energi listrik untuk berbagai keperluan seperti kebutuhan konsumsi rumah tangga, penerangan umum, penggerak sarana transportasi, penggerak mesin-mesin industri, dan lain sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka di bangunlah pusat-pusat pembangkit listrik berkapasitas tinggi.
            Dari beberapa pembangkit listrik yang eroperasi di permukaan bumi, PLTU berbahan bakar batubara masih merupakan system pembangkit yang paling banyak dioperasikan dimuka bumi karena mampu memproduksi listrik dengan biaya yang paling murah. Biaya operasi PLTU batubara kurang lebih 30% lebih rendah dibandingkan dengan sistem pembangkit listrik lainnya yang saat ini beroperasional. Cepatnya proses industrialisasi dalam berbagai sektor dimuka bumi yang juga telah meningkatkan jumlah konsumsi bahan bakar fosil ini. Berkaitan dengan masalah ini, batubara merupakan salah satu sumber energi andalan yang utama yang merupakan penyelamat dalam memenuhi dalam memenuhi kebutuhan energy listrik hingga beberapa dekade mendatang
Batubara merupakan salah satu jenis bahan bakar atau sumber energi yang sangat berharga. Berdasarkan cara penggunaannya, energi yang dihasilkan oleh batubara dapat di klasifikasikan menjadi dua, yaitu:
1.  Penghasil energi primer apabila batubara di gunakan dalam industri, misalnyal  sebagai bahan bakar industri semen, pembakaran batu kapur, penggerak lokomotif, kapal dan lain sebagainya.
2. Penghasil energi sekunder apabila energi yang terkandung dalam betubara  dikonfersikan menjadi energ dalam bentuk lain, misal dibakar dalam PLTU untuk menghasilkan energ listrik, diubah menjadi bahan bakar cair untuk kendaraan bermotor dan sebagainya (Gambar 4.1).



Gambar 4.1  Proses Batubara Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik 

            Masyarakat memakai batubara baik untuk keperluan pembangkit listrik tenaga uap, bahan bakar industry semen, briket batubara dan yang lain sebagainya, menyadari bahwa pemanfaatan betubara mempunyai beberapa kelebihan yaitu:
1.   Adanya penekanan biaya karena harga persatuan energy yang di hasilkan  batubara lebih murah di bandingkan dengan bahan bakar lainnya.
2.    Persediaan batubara tersebar di seluruh dunia dan umumnya Negara-negara industry memiliki sumber daya alam tersebut.
3.    Diantara bahan bakar hidrokarbon, batubara mempunyai persediaan yang paling melimpah di dunia, dan masih dapat di andalkan sebagai sumber energy hingga memasuki abad ke-22 nanti.
4.    Teknologi ntuk penambangan dapat di timbun dan dapat di distribusikan ke berbagai tempat dengan cara yang cukup mudah dan aman.
            Batubara juga bisa dijadikan alternatif dalam industri rumah tangga. Batu bara bisa dijadikan alternatif untuk menggantikan Minyak Tanah yang harganya melonjak (Tabel 4.1). Briket Batubara adalah bahan bakar padat yang terbuat dari Batubara dengan sedikit campuran seperti tanah liat dan tapioka. Briket Batubara mampu menggantikan sebagian dari kegunaan Minyak Tanah sepeti untuk : Pengolahan Makanan, Pengeringan, Pembakaran dan Pemanasan. Bahan baku utama Briket Batubara adalah Batubara yang sumbernya berlimpah di Indonesia dan mempunyai cadangan untuk selama lebih kurang 150 tahun. Teknologi pembuatan Briket tidaklah terlalu rumit dan dapat dikembangkan oleh masyarakat maupun pihak swasta dalam waktu singkat. Sebetulnya di Indonesia telah mengembangkan Briket Batubara sejak tahun 1994 namun tidak dapat berkembang dengan baik mengingat Minyak Tanah masih disubsidi sehingga harganya masih sangat murah, sehingga masyarakat lebih memilih Minyak Tanah untuk bahan bakar sehari-hari. Namun dengan kenaikan harga BBM per 1 Oktober 2005, mau tidak mau masyasrakat harus berpaling pada bahan bakar alternatif yang lebih murah seperti Briket Batubara (Tabel 4.2).
            Keunggulan Briket Batubara adalah  lebih murah, panas yang tinggi dan kontinyu sehingga sangat baik untuk pembakaran yang lama, tidak beresiko meledak/terbakar, tidak mengeluarkan suara bising serta tidak berjelaga dan sumber Batubara berlimpah. Namun demikian Briket memiliki keterbatasan yaitu waktu penyalaan awal memakan waktu 5 – 10 menit dan diperlukan sedikit penyiraman minyak tanah sebagai penyalaan awal, Briket Batubara hanya efisien jika digunakan untuk jangka waktu diatas 2 jam.


Parameter
Minyak Tanah
Briket
Nilai Kalori
9.000 kkal/ltr
5.400 kkal/kg
Ekivalen
1 ltr
1,60 kg
Biaya
Rp. 2.800
Rp. 1.300
Tabel 4.1  Parameter Antara Minyak Tanah dan Briket


Penggunaan
Minyak Tanah
Briket
Penghematan
Rumah tangga
3 ltr/hari
Rp. 9000/hari
Rp. 5400/hari
Rp. 3600/hari
Warung Makan
10 ltr/hari
Rp. 30.000/hari
Rp. 18.000/hari
Rp. 12.000/hari
Industri Kecil
25 ltr/hari
Rp. 75.000/hari
45.000/hari
Rp. 30.000/hari
Industri Menengah
1000 ltr/hari
Rp. 2.000.000/hari
Rp. 1.502.450/hari
Rp. 497.550/hari
Tabel 4.2  Perbandingan Pemakaian Minyak Tanah dengan Briket

            Dengan adanya batubara juga dapat mendukung perkembangan ekonomi, antara lain:
1.      Pekerja yang sebelumnya harus mengumpulkan bahan bakar dapat bebas melakukan kegiatan yang lebih produktif seperti dalam industri pertanian dan pabrik. Kegiatan tersebut meningkatkan pendapatan rumah tangga, pasokan tenaga kerja dan kapasitas produksi dari perkembangan ekonomi.
2.      Pengumpulan bio massa yang intensif untuk bahan bakar konsumsi rumah tangga dalam banyak hal menurunkan produktivitas lahan pertanian – melalui penggundulan (dengan memotong pohon pohon) atau melalui penghilangan lahan subur (dengan mengumpulkan kotoran hewan).
3.      Pembakaran yang tidak efisien dari bahan bakar non konvensional, terutama dari dalam rumah yang tidak memiliki cerobong asap, dapat menimbulkan komplikasi kesehatan. Membuat rumah tangga menggunakan sumber daya energi moderen akan meningkatkan kesehatan dan produktivitas.
4.      Pengadaan listrik untuk rumah tangga berguna untuk penggunaan alat-alat modern – seperti mesin cuci – dan penerangan yang akan meningkatkan produktivitas industri kecil dan waktu senggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar